Masjid Al Hasanah Pringgolayan adalah satu satunya masjid yang berada dalam lingkungan masyarakat sekitar LKSA Nur Fadhiilah Yogyakarta. Masjid Al Hasanah adalah juga merupakan masjid hasil swadaya masyarakat di sekitar Padukuhan Pringgolayan.

Dahulunya masjid ini berdiri dalam lingkungan yang masih bernama RT 01 RW 44 Pringgolayan. Lambat laun, seiring pertumbuhan penduduk, maka Masjid ini telah mengalami beberapa kali pemekaran bangunan untuk menampung banyaknya jamaah yang hadir di masjid tsb. Dengan semakin bertambahnya penduduk, maka wilayah yang semula bernama RT 01 kini dimekarkan menjadi RT 01, RT 10, RT 11, RT 12, RT 13. Dan kini Masjid Al Hasanah telah menjelma sebagai pusat syiar Islam di lingkungan Pringgolayan, yang mana juga menjadi rujukan kerukunan antarumat beragama di lingkungan kami.

Masjid bukan lagi sekedar tempat ibadah, namun juga telah menjelma menjadi tempat kegiatan masyarakat, bahkan kegiatan lintas agama, tempat wujudnya kerukunan antarwarga antarumat beragama.

Semenjak merebaknya pandemi Covid19 lalu, masjid juga telah membatasi akses masyarakat ke dalam lingkungan masjid, demi agar tetap menjaga kelangsungan kesehatan jamaahnya, sekaligus juga memutus matarantai Covid19. Namun Masjid tidak hanya berdiam diri saja dalam membatasi akses kerumunan jamaah untuk beribadah di dalamnya, melainkan masjid juga melakukan gerakan jemput bola, menyambangi jamaah jamaahnya yang sebelumnya mendatangi masjid untuk berkegiatan bersama, kini Masjid melalui para takmirnya yang dimuliakan oleh Allah Swt, menyambangi balik para jamaahnya, menyapa dan mengeratkan kembali silaturrahiim antarjamaah dan dengan masjid juga.

Sempena dengan hal tersebut, Masjid Al Hasanah juga bersilaturrahiim ke LKSA Nur Fadhiilah pada tanggal 10 Mei 2020 lalu, 5 (lima) hari setelah wafatnya ibunda ketua LKSA Nur Fadhiilah kami. Alhamdulillaah, kami haturkan beribu terima kasih kepada Masjid Al Hasanah yang telah berkenan memberikan donasi dan sumbang tali kasih nya pada kami yang juga saat itu sedang menjalankan isolasi mandiri setelah wafatnya almarhumah ketua sembari menunggu hasil Swabtest almarhumah, yang kemudian alhamdulillah dinyatakan negatif.

Bantuan ini sangat sangat bermanfaat bagi kami, mengingat kami sedang dalam masa membatasi diri, dan kami hanya dapat berterima kasih kepada para takmir yang berhati dermawan dan dimuliakan Allah Swt, semoga Allah Swt membalas semua kebaikan hati para takmir dan jamaah yang membantu kami dengan balasan pahala yang berlipat ganda dariNya.

Aamiin..