Alhamdulillaah, puji syukur ke hadirat Allah Swt, Tuhan Yang Mahakasih dan Mahapenyayang, pada tahun ini LKSA Nur Fadhiilah telah meluluskan 4 anak asuh dari SMK , terdiri atas 1 anak dalam asrama dan 3 anak luar asrama (pengasuhan dampingan keluarga). Adapun anak luar asrama ini terdiri atas 1 perempuan dan 2 laki laki.

Kelulusan ini juga menandai berakhirnya pengasuhan mereka (terminasi pengasuhan) dari LKSA Nur Fadhiilah baik yang dalam asrama maupun luar asrama, serta pengembalian anak (reunifikasi anak) khusus bagi anak dalam asrama kepada keluarga mereka yang dahulu menghantarkan anak mereka ke LKSA Nur Fadhiilah.

Pengakhiran pengasuhan dan pengembalian anak merupakan amanat dari

  1. Undang-Undang Dasar RI Tahun 1945, pasal 28 ayat 2, setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi;
  2. Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial;
  3. Peraturan Menteri Sosial Nomor 30 Tahun 2011 tentang Standar Nasional Pengasuhan Anak untuk Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak;
  4. Peraturan Menteri Sosial Nomor 21 Tahun 2013 tentang Pengasuhan Anak

karena Reunifikasi anak kembali kepada keluarga kandungannya merupakan tujuan utama dari sistem kesejahteraan sosial anak. Pada dasarnya paradigma pendidikan melalui orang tualah yang nantinya membuat anak tersebut bisa berkembang dengan baik.

Keluarga sebagai lingkungan terkecil pada anak memiliki peranan panting dalam pemberian pengasuhan dan pendidikan kepada anak. Konsep reunifikasi digunakan sebagai salah satu upaya yang dilakukan dalam menerapkan peradigma tersebut, sementara LKSA hanyalah berfungsi sebagai alternatif pengasuhan terakhir.

Selain itu, anak yang kami terminasi dan reunifikasi tersebut sudah tidak lagi menyandang status “anak” lagi karena telah memasuki usia dewasa, sehingga dianggap sudah siap memasuki dunia dewasa dan diharapkan bisa membantu keluarganya di masa depan.

Setiap anak di LKSA masuk ke Lembaga berdasar assesment yang terukur mengenai mengapa anak masuk lembaga berdasar latar belakang masalah sosial masing masing anak.

Demikian kami menjamin bahwa anak yang berada di dalam asrama adalah merupakan anak yang benar benar membutuhkan bantuan alternatif pengasuhan terakhir di LKSA, karena keadaan dan latar belakang lingkungan sosialnya tidak mendukung pengasuhan anak yang berkelanjutan dan terukur, baik di keluarga biologis, keluarga besar maupun lingkungan sekitarnya.