Nur Fadhiilah sebagai sebuah lembaga pengasuhan anak pada tahun 2023 ini mendapat giliran melakukan re-akreditasi Lembaga, setelah sebelumnya melakuka akreditasi pertama di tahun 2017 lalu, dan mendapatkan predikat A (baik sekali).

Akreditasi yang dilakukan Nur Fadhiilah ini merupakan pelaksanaan amanat Peraturan Menteri Sosial Nomor 17 Tahun 2012 tentang Akreditasi Lembaga Kesejahteraan Sosial, j.o Permensos No. 107/HUK/2009 Tahun 2009 tentang Akreditasi Lembaga di Bidang Kesejahteraan Sosial.

Akreditasi ini adalah merupakan penetapan tingkat kelayakan dan standardisasi Lembaga dibidang Kesejahteraan Sosial, yang didasarkan pada penilaian Program, Sumber Daya Manusia, Manajemen dan Organisasi,  Sarana dan Prasarana, serta Hasil Pelayanan Kesejahteraan Sosial (Bab 1 Ketentuan Umum, Pasal 1 ayat (3) Permensos RI No. 17 Tahun 2012).

Tujuan dari akreditasi ini antara lain:

  1. Melindungi masyarakat dari penyalahgunaan praktik Meningkatk sosial yang dilakukan oleh Lembaga di bidang Kesejahteraan Sosial.
  2. Meningkatkan kualitas pelayanan kesejahteraan sosial yang dilakukan oleh Lembaga di bidang Kesejahteraan Sosial.
  3. Memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan di bidang Kesejahteraan Sosial; dan
  4. Meningkatkan peran aktif pemerintah, pemerintah daerah dan masyarakat dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

(Bab 1 Ketentuan Umum, Pasal 4 ayat (a,b,c,d) Permensos RI No. 17 Tahun 2012).

Menyadari pentingnya akreditasi tersebut bagi Nur Fadhiilah, maka Lembaga sudah bersiap untuk menyambut pelaksanaan re-akreditasi Lembaga sejak pertengahan 2023, dan alhamdulillaah terlaksana proses re-akreditasi melalui visitasi tim asesor dari Badan Akreditasi Lembaga Kesejahteraan Sosial (BALKS) pada tanggal 20 bulan Maret 2024 kemarin.

Kami haturkan terima kasih yang sebesar besarnya atas kedatangan tim asesor akreditasi yang telah melakukan visitasi, penilaian dan evaluasi pada Lembaga kami, segala aktivitas berjalan lancar, dan semoga Nur Fadhiilah dipercaya kembali untuk mendapatkan predikat baik sekali.

Aamiin.